Sistem pengolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading dan controling, serta operasi internal dan eksternal.

1. PLANNING

Rencana strategis Fakultas Teknik (Renstra) dikembangkan sesuai tahapan dari Renstra Universitas Bosowa. Renstra disusun bersama-sama dengan Jurusan/ Program Studi melalui Lokakarya dan disahkan dalam Rapat Senat Fakultas Teknik

Setiap tahun fakultas melakukan penyusunan program kerja setiap tahun akademik yang berjalan. Penyusunan program kerja tahunan dimulai dengan lokakarya penyusunan program kerja fakultas bersama-sama dengan program studi, laboratorium dan tata usaha. Program-program strategis diputuskan bersama-sama dan menjadi tujuan bersama fakultas.

2. ORGANIZING

Struktur organisasi di fakultas sudah dengan jelas menunjukan fungsi-fungsi yang melekat. Fakultas dalam hal ini bertindak sebagai koordinator agar fungsi masing-masing unit dapat berjalan dengan lancar.

3. STAFFING

Fakultas Teknik Universitas Bosowa dalam melakukan pengelolaan tenaga akademik dan tenaga kependidikan melalui fungsi staffing dilakukan dengan cara memberi kesempatan kepada tenaga akademik untuk menentukan bidang keahlian sesuai dengan minatnya dan diupayakan untuk memperoleh pendidikan lebih tinggi yang linear dengan kondisi pendidikan sebelumnya. Pengelola tenaga kependidikan dilakukan dengan meningkatkan kemampuan dan keahlian melalui pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan ketataadministrasian fakultas dan teknologi informasi

4. LEADING

Fungsi kepemimpinan dilakukan oleh pimpinan Fakultas Teknik untuk mengarahkan, memberi motivasi dan melakukan komunikasi kepada seluruh unit dan program studi untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Teknik . Pengarahan dilakukan melalui rapat pimpinan. Pengawasan untuk tenaga kependidikan dilakukan oleh masing-masing pimpinan unit kerja ditingkat Fakultas Teknik meliputi Ketua Program Studi dan rekapan berita acara kehadiran melalui fingerprint.

5. CONTROLLING

Proses controlling di Fakultas Teknik Universitas Bosowa dilaksanakan sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaan akademik dan pembelajaran controlling dilakukan oleh UPM  di tingkat universitas , dan Tim Penjaminan Mutu Fakultas pada tingkat Fakultas. Penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan oleh LPPM. Setiap proposal penelitian dan pengabdian yang diajukan harus dapat pengesahan dekan.

Setiap proposal dan pengabdian harus sesuai dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) masing-masing prodi. Dalam bidang keuangan(anggaran) proses controlling dilakukan oleh kantor keuangan di tingkat universitas,dan oleh wakil dekan II ditingkat fakultas.monitoring dan evaluasi dilakukan setiap bulan untuk menjaga cashflow dan menjamin terlaksananya program. Kegiatan kemahasiswaan dikelola pula oleh wakil dekan II, dan setiap pengajuan kegiatan dari himpunan mahasiswa harus dapat persetujuan masing-masing ketua program studi dan wakil dekan II.