Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum quis porta libero, sed egestas dui. Nam nec tincidunt ex, non molestie tellus. Pellentesque sed auctor lorem. Curabitur metus purus, mattis vel vehicula fermentum, sollicitudin vel nisi. Proin ex est, bibendum eu enim non, dapibus egestas nunc. Nam aliquet justo sed mauris aliquet, ut rutrum risus bibendum. Nulla justo libero, dictum id felis id, suscipit vehicula metus. Morbi eget dui vitae ligula posuere scelerisque id a nisl. Nunc non odio eu sem dignissim interdum et elementum nisi. Maecenas at velit egestas, tincidunt erat sit amet, finibus arcu. Cras augue sem, dictum sed vulputate non, euismod id erat. Curabitur ultrices sem nec lacus posuere, ac lobortis mauris venenatis. Duis lacinia, libero non dapibus ullamcorper, neque quam condimentum nisl, sit amet eleifend urna elit a urna.

1. KEBIJAKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kebijakan penerimaan mahasiswa baru merujuk kepada Peraturan Akademik Pasal 12 Tahun 2013 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Universitas Bosowa dan di buku Panduan Masuk Universitas. Proses dimulai dari penyebaran informasi penerimaan maba berupa iklan, poster dan website sedangkan pengumuman lulusan diumumkan pada web Universitas dan surat kabar yang mudah diakses oleh calon mahasiswa.

Kebijakan sistem rekruitmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender). Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.

Kebijakan sistem penerimaan mahasiswa baru Fakultas Teknik dilakukan dengan sistem seleksi secara terpadu dengan Fakultas lainnya pada tingkat Universitas Bosowa yang dikenal dengan Ujian Masuk Universitas Bosowa (UM-Univ. Bosowa), dan dilaksanakan sekali dalam setahun. Adapun jadwal penerimaan/pendaftaran dan seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan secara rutin dari bulan Juni s/d September setiap tahunnya. Bagi pendaftar yang memiliki prestasi akademik yang memuaskan pada sekolah menengah atas dibebaskan dari ujian seleksi. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan oleh Panitia yang  dibentuk  dan diangkat dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bosowa.

2. KRITERIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kriteria Umum calon mahasiswa program S1 adalah:

  1. Memiliki ijazah SMU dan sederajat maksimal 2 tahun.
  2. Lulus ujian seleksi.
  3. Memenuhi syarat administrasi.
  4. Menandatangani Surat Keterangan tidak akan mengikuti kegiatan-kegiatan pra kuliah semester di luar kegiatan universitas.

3. PROSEDUR

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Universitas terdiri dari:

  1. Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB UniBos) melalui ujian tertulis yang dilaksanakan melalui tes tertulis yang terdiri dari 2 gelombang yakni sebelum SBMPT dan sesudah SBMPT.
  2. Jalur seleksi penerimaan mahasiswa jalur khusus (SPMJK UniBos) untuk siswa yang berprestasi di bidang Seni dan Olah raga.
  3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Undangan (SPMBU UniBos) yakni seleksi calon mahasiswa berprestasi dengan cara mengundang calon mahasiswa baru di setiap SMA/SMK dengan dengan melihat nilai atau rangking 1-10 dari sekolah asal.

4. INSTRUMEN

Instrumen utama yang digunakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sebagai berikut:

  1. Soal untuk materi IPA dan IPS dibuat oleh tim panitia penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan oleh Rektor.
  2. Soal untuk materi TPA dan TOEFL dibuat oleh tim yang menggunakan standar instrumen yang berlaku di seluruh Indonesia.
  3. Kegiatan seleksi selama 2 (dua) hari dilaksanakan di Kampus Universitas Bosowa dengan melibatkan beberapa pengawas ujian.

5. SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Untuk menentukan kelulusan peserta seleksi yang dapat diterima sebagai mahasiswa baru, maka seluruh hasil tes ujian masuk disampaikan kepada Rektor dan Yayasan untuk mengambil keputusan penerimaan mahasiswa baru.  Mahasiswa yang dinyatakan lulus didasarkan oleh urutan rangking yang mengacu pada alokasi kemampuan atau daya tampung program studi.

Selanjutnya pengumuman itu disampaikan melalui berbagai media seperti surat kabar, televisi dan koran kampus. Isin menyampaikan kepada mahasiswa yang lulus dan syarat-syarat pendaftar ulang yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru Universitas Bosowa dan juga disampaikan dalam buku pedoman masuk Universitas.