Pelaksanaan Monitoring & Evaluasi

PENDIDIKAN

Monev kinerja pembelajaran dan kesesuaian bahan ajar serta kehadiran mahasiswa di kelas dilakukan pada setiap minggu. Selanjutnya evaluasi kehadiran dosen dilakukan pada pertengahan, dan akhir semester. Perkuliahan yang kurang dari semestinya diberikan surat peringatan oleh ketua PS. Setiap bidang kompetensi (Keairan, Geoteknik, Transportasi, Struktur dan Manajemen Konstruksi) telah menyusun penyempurnaan proses pembelajaran seperti penyusunan bahan ajar, penyeragaman materi soal ujian dan evaluasi efektifitas pembelajaran.

PENELITIAN

Penelitian yang dilakukan oleh dosen dikoordinasikan oleh Pusat kajian Survey  dan  Engineering  yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP). Bentuk penelitian yang dibiayai oleh Universitas Bosowa berupa penelitian biasa (untuk peneliti muda). Sedangkan pengembangan kepedulian civitas akademika terhadap masyarakat juga dikelola oleh LP. Dalam kegiatan tersebut civitas akademika dapat mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, monitoring dan evaluasi  dilakukan melalui database masing-masing dosen yang tersedia di kantor PS. Untuk dapat menyusun BKD tiap semester, maka seluruh database dosen dan tenaga kependidikan setiap saat dilakukan pemutakhiran data berdasarkan perkembangan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi oleh dosen yang bersangkutan.

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Sumber dana pengabdian kepada Masyarakat berasal dari DP2M Dikti serta kerjasama dengan institusi lainnya. Monev pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara berkala oleh reviewer dari DP2M Dikti dan LP2M Universitas Bosowa untuk masing-masing sumber dana. Monev kinerja dosen dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat di tingkat PS dilakukan melalui database masing-masing dosen dalam bentuk dokumen BKD yang dilaporkan setiap akhir semester.