Alumni Teknik Sipil IN NUMBER

WAKTU TUNGGU LULUSAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PERTAMA

3 BULAN

PERSENTASE LULUSAN BEKERJA PADA BIDANG KEAHLIAN YANG SESUAI

85%

Himpunan Alumni Teknik Sipil

PARTISIPASI ALUMNI DALAM BIDANG AKADEMIK

Alumni jurusan TEKNIK SIPIL Universitas  Bosowa  makassar   mempunyai himpunan Alumni dengan nama Ikatan Alumni Teknik Sipil Universitas  Bosowa  Makassar, yang didirikan pada  bulan  September Tahun 1996.  Himpunan alumni ini berpusat di Makassar dan mempunyai  komisariat di  berbagai kota  diseluruh Indonesia     Ikatan Alumni  Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa  Makassar  berperan aktif dalam pengembangan program studi Teknik Sipil  Universitas  Bosowa,  baik terkait dengan masalah akademik dan maupun  non akademik, dalam hal ini membantu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

Beberapa partisipasi  Aktif  Ikatan Alumni Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar dapat dirinci sebagai berikut :

SUMBANGAN DANA

Ikatan Alumni  Teknik Sipil Universitas Bosowa  juga senantiasa  memberikan bantuan pembiayaan kepada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bosowa   dalam melakukan aktifitas seperti  Studi lapang, dan studi banding  pada  beberapa obyek pembangunan  baik di Sulawesi Selatan maupun di Pulau Jawa dan lainnya. Selain itu IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa juga berperan dalam memberikan bantuan pembiayaan kepada mahasiswa Teknik Sipil Unhas dalam melakukan aktifitas seperti seminar ilmiah mahasiswa, lomba karya tulis mahasiswa, dan kuliah lapangan.

SUMBANGAN FASILITAS

IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa  juga berperan dalam penyediaan sarana dan prasarana dalam pengembangan akademik berupa pemberian sumbangan fasilitas perkuliahan seperti; LCD, komputer, printer, AC, dan alat – alat tulis lainnya.

KETERLIBATAN KEGIATAN AKADEMIK

Dalam rangka menambah wawasan akademik mahasiswa, IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa ikut memberikan sumbang saran dalam pengembangan PS, Ikatan Alumni  Teknik Sipil Universitas Bosowa  juga secara berkala diminta untuk  memberikan kuliah umum dengan topik yang sedang aktual di lapangan (teknologi terapan) termasuk materi yang berisikan motivasi dan kiat-kiat dalam memulai/membangun bidang usaha sendiri (kewirausahaan), melakukan kegiatan kuliah umum yang terkait perkembangan dunia konstruksi setiap semester. Kuliah umum dibawakan oleh alumni yang telah memiliki pengalaman baik skala nasional maupun internasional.  Ikatan Alumni  Teknik Sipil Universitas Bosowa  terlibat pula dalam kegiatan akademik khususnya memberikan masukan dalam pengembangan kurikulum program studi,

PENGEMBANGAN JEJARING

IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa adalah wadah alumni yang telah tersebar di seluruh Indonesia merupakan salah satu kekuatan bagi PS untuk pengembangan jejaring nasional seperti kerjasama dengan beberapa asosiasi profesi (PII, HATHI, HATTI, HAKI, LPJKD, dll) untuk melakukan kerjasama sertifikasi bagi alumni Teknik Sipil.

PENYEDIAAN FASILITAS

Alumni dalam IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa juga berperan menfasilitasi mahasiswa teknik sipil untuk melakukan kerja praktek dan kuliah lapangan pada berbagai proyek. Ikatan Alumni  Teknik Sipil Universitas Bosowa   juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kerja praktek pada proyek-proyek yang ditangani oleh alumni.

PARTISIPASI ALUMNI DALAM BIDANG NON-AKADEMIK

SUMBANGAN DANA

Membantu pendanaan furniture  dan peralatan kantor Jurusan Sipil dan Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Bosowa.

SUMBANGAN FASILITAS

Disamping berperan dalam kegiatan pengembangan akademik, IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar juga berperan dalam pemberian sumbangan fasilitas untuk kegiatan pengembangan non – akademik berupa akomodasi pada kegiatan mahasiswa di luar wilayah Makassar.

KETERLIBATAN KEGIATAN AKADEMIK

IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar terlibat pula dalam kegiatan non-akademik dalam rangka pembinaan dan pengembangan bakat mahasiswa seperti pemberian materi kewirausahaan, pengembangan sistem pengkaderan dan organisasi mahasiswa. IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar bekerjasama pula dengan PS dalam penanggulangan bencana alam seperti gempa yang terjadi di Jogyakarta, banjir di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Disamping itu, IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar membantu HMS mengembangkan desa binaan di Kabupaten Gowa. Ikatan Alumni  Teknik Sipil Universitas Bosowa   membantu pula alumni baru untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, baik dalam bentuk informasi maupun dalam perekrutan.

PENGEMBANGAN JEJARING

IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar turut membantu mewadahi kerja sama antara PS dengan Pemda Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kawasan Timur Indonesia, dengan beberapa perusahaan industri konstruksi baik di daerah maupun di beberapa kota di Indonesia. IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar juga membantu alumni dalam menyediakan informasi lowongan kerja bagi lulusan – lulusan baru.

PENYEDIAAN FASILITAS

IKATSI juga berperan serta dalam menfasilitasi kegiatan-kegiatan non akademik dengan menyediakan sarana olah raga dan seni dalam rangka meningkatkan prestasi olah raga dan seni bagi mahasiswa dan alumni. Disamping itu, untuk meningkatkan silaturahmi antara anggota IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar dan sivitas akademik PS, maka IKA Teknik  Sipil  Universitas  Bosowa Makassar turut memfasilitasi pelaksanaan kegiatan berupa ceramah agama, rekreasi, dan olah raga bersama.