SELEKSI

Secara umum sistem seleksi dan penerimaan untuk tenaga dosen dan tenaga 1 kependidikan berdasarkan pada. surat Rektor Universitas Bosowa No. 46/01[U-45/II/2014 tentang Seleksi Penerimaan Karyawan dan Dosen tanggal 8 Februari I2014. Kemudian dengan Surat Rektor No. 55/01/Unibos/II/2015 tentang  Seleksi Penerimaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik tanggal 8 Desember 2015. Selanjutnya sesuai renstra dan rencana pembukaan prodi baru (S1, S2 dan S3) dilakukan Seleksi Penerimaan Karyawan dan Dosen pada tanggal 1 Juni 2016 berdasarkan Surat Rektor No. 649/01/Unibos/VI/2016.

 

Jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang diterima berdasarkan ketentuan pihak Universitas Bosowa dan Yayasan Aksa Mahmud sesuai dengan rencana strategis dan operasional institusi dan sesuai, usulan kebutuhan tenaga dosen dan tenaga kependidikan dari program studi dan fakultas. Calon dosen yang menndaftar harus mengikuti seleksi secara bertahap yang dilaksanakan oleh panitia Seleksi dan penerimaan.

 

Secara teknis, proses seleksi dan penerimaan tenaga dosen dan tenaga kependidikan selanjutnya dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh WR.II bersama Biro Kepegawaian/HRD Yayasan Aksa Mahmud. Dalam 3 (tiga) tahun terakhir 2013-2016, Universitas Bosowa telah melaksanakan seleksi dan penerimaan tenaga dosen dan tenaga kependidikan sebanyak tiga Prosesnya dilakukan daiam beberapa tahap, yaitu : Tahap 1. seleksi administrasi. dan berkas pemohon; Tahap 2. Seleksi ujian tertulis, wawancara dan phisikotes; Tahap 3. Seleksi ujian kemampuan mengajar (metode, teknik, penampilan dll). Tahap 4. Penilaian hasil seleksi dan pengumuman.

 

Secara khusus seleksi dosen dilakukan dengan mengacu pada kriteria DIKTI dan kebutuhan program studi yaitu minimal pendidikan S2 dalam bidang yang relevan. Perekrutan dosen baru dengan pendidikan S2 menjadi dasar upaya pengembangan prodi selanjutnya yaitu jenjang S3.

REKRUTMEN

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

PENEMPATAN

Calon dosen yang lolos seleksi dan penerimaan dinyatakan sebagai Calon Dosen Universitas Bosowa/yayasan Aksa Mahmud yang terdaftar dalam unit kerja Fakultas Teknik. Dosen tersebut akan ditempatkan pada salah satu program studi yang sesuai dengan kompetensi serta berdasarkan spesifikasi pendidikan dan keahlian bidang ilmunya dimana nantinya akan memperoleh status Dosen Tatap Yayasan Aksa Mahmud. Sejak tanggal 17 Agustus 2013 (setelah perubahan yayasan dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Aksa Mahmud), penerimaan dosen pada Universitas Bosowa telah menentukan formasi penerimaannya berdasarkan rasio staf pengajar dan mahasiswa pada program studi.

PENGEMBANGAN KARIR

Pembinaan karir dosen dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan struktural dan dalam jabatan fungsional. Dosen sebagai pegawai negeri sipil/DPK. Kopertis dan dosen tetap yang telah atau akan menduduki jabatan struktural dibekali kemapuan manejirial. Sedangkan pembinaan karir dalam labatan fungsional dilakukan upaya sebagai berikut:

 

  1. Dosen sebagai peneliti, diberi kesempatan untuk pendidikan lanjut S3 untuk pengembangan disiplin ilmu perencanaan wilayah dan kota. Hingga tahun 2016 sebanyak 3 orang dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota sedang menyelesaikan penelitian untuk perkuliahan dan disertasi di universitas dalam negeri. Selain pendidikan lanjut, keterlibatan dosen mengikuti seminar ilmiah, workshop ataupun magang dilakukan setiap tahun, misalnya dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Perencanaan indonesia dan Cabang Sulsel. Untuk dosen yang telah rnenyelesaikan S3, oleh universitas diberi kesempatan untuk mengikuti short term research program ke beberapa universitas di jepang dan dalam negeri.

 

  1. Dosen sebagai pendidik diberikan pelatihan dalam bidang aktivitas instruksional PEKERTI (Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) dan lanjutannya adalah Program AA (Applied Approach) untuk dosen senior dan pelatihan pengejaran internal LPPM Universitas Bosowa. Hasil dari berbagai pelatihan yang telah dilaksanakan dapat diimplementasikan dengan mengajukan proposal hibah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan setiap tahun melalui skim pendanaan dari DIKTI dan Unibos. Pelatihan penyusunan learning material (Buku ajar, buku teks, modul). Pelatihan optimalisasi penggunaan microsoft office untuk penyusunan buku teks dan buku ajar yang hasil kegiatannya berupa bukti fisik buku ajar dan buku teks.

 

Mernbangun dan menjalin kerjasama dengan institusi dan instansi lain baik pemerintah maupun pihak swasta seperti yang ditampilkan pada Tabet 7.3.1 dan Tabel 7.3.2.

RENUMERASI, PENGHARGAAN, & SANKSI

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

PEMBERHENTIAN

 Pemberhentian dosen yang tidak menunaikan kewajiban tri darmanya selama 6 bulan berturut-turut akan mendapat surat peringatan tertulis mulai dari pihak Universitas dan akan ditindaklanjuti sesuai Peraturan Rektor dan Yayasan Aksa Mahmud (Kode Etik Dosen dan Tenaga Kependidikan/Karyawan, Peraturan Akademik Unibos dan Statuta Unibos).

 

Adapun proses pemberhentian pegawai dilakukan berdasarkan evaluasi kinerja setelah melalui tahapan pembinaan oleh Tim Pembinaan Aparat Universitas Bosowa. Pemberhentian pegawai dilaksanakan mengacu pada PM pemberhentian pegawai. Pegawai dapat diberhentikan apabila: a. Mengajukan permohonan berhenti;

  1. Tidak memenuhi syarat kesehatan;
  2. Tidak menunjukkan kecakapan dalam melaksanakan, menunjukkan sikap dan budi pekerti yang tidak mengganggu lingkungan pekerjaan;
  3. Pada waktu melamar dengan sengaja bukti yang tidak benar;
  4. Dihukum penjara atau kurungan.