Pedoman Monitoring & Evaluasi

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam pengelolaan dosen didasarkan pada ketentuan  yang berlaku, yaitu memenuliti kualifikasi akademik dan profesional,

ditandai latar pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah dan sertifikat kompetensi yang dipersyaratkan dan memiliki mutu kinerja yang ditandai dengan tingkat jabatan akademik dan rekam jejak (track recor) yang baik.

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bosovva dalam rangka untuk memudahkan monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja  akademik dosen telah menciptakan sejumlah sistem informasi. Sistem informasi yang terdiri dari sejumlah database yang terintegrasi ini telah berfungsi sebagai sarana untuk membantu proses administrasi kepegawaian, penilaian kinerja, serta membantu proses pengambilan keputusan manajemen (decision support system/IDSS).

Sistem monitoring dan evaluasi rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan dilengkapi dengan pedoman yang isinya seperti; Sistem Akademik Terpadu, Sistem Informasi Kinerja Dosen, Sistem Monitoring Perkuliahan Online, dan Monitoring Kehadiran Mahasiswa.

 

Hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai salah satu alat pengukuran untuk melihat kinerja proses pembelajaran. Dari data monev perkuliahan, kehadiran dosen dan persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen diformulasikan dalam bentuk Beban Kinerja Dosen (BKD). Hasil BKD dilaporkan kepada pimpinan universitas dan fakultas sebagai rapor kinerja dosen setiap semester. Dosen yang mendapatkan hasil BKD yang baik akan diusulkan mendapatkan penghargaan (reward).

 

Untuk sistem penilaian kinerja bagi tenaga kependidikan tersebut, penilaian kinerja tenaga kependidikan termasuk pustakawan, laboran dan teknisi dilakukan melalui daftar kehadiran yang diperoleh seeara ordine dengan menggunakan finger absensi. Daftar Kehadiran online apabila setelah dibandingkan tidak sesuai dengan jumlah kehadiran dalam 1 (satu) bulan tanpa keterangan akan dikenakan sanksi berupa pemotongan imbalan presensi. Monitoring dan Evaluasi Tenaga Kependidikan diperoleh melalui dokumen Daftar Unit Kepangkatan (DUK). DUK yang ada sebagai i sumber data untuk memonitor dan mengevaluasi Tenaga Kependidikan Universitas Bosowa yang naik pangkat, promosi jabatan serta memperolehpendidikan dan pelatihan.

Pelaksanaan Monitoring & Evaluasi

PENDIDIKAN

Sistem monitoring dan evaluasi kegiatan perkuliahan dilakukan setiap hari, dengan kontrol absensi yang ditandatangaai oleh dosen dan mengacu pada dokumen akademik sebagai berikut:

  • Pedoman Penjaminan Mutu Akademik, Unibos.
  • Prosedur/SOP Mutu Akademik Unibos.
  • Kumpulan Dokumen Penjaminan Mutu Akademik, Unibos.
  • Format Dokumen Mutu Program Studi, Unibos
  • Kebijakan Akademik Universitas Bosowa dan Dekan FT

 

Monitoring dan evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh Program Studi

Perencanaan Wilayah dan Kota melalui program yang terintegrasi secara online yaitu Sistern Informasi Manajemen Akademik (SISMIK-Unibos) dan Sistem Informasi Akademik (STAKA-Unibos) dan SMS/WA Prestasi Akademik Mahasiswa. Sistem monitoring dan kendali mutu secara teknis memberdayakan satu orang tenaga administrasi akademik prodi dan fakultas yang diserahi tanggungjawab untuk melaksanakan monev terhadap proses pembelajaran secara harian dan berkelanjutan.

Pengarsipan monitoring dan evakasi pembelajaran secara harian berupa

  • Lembar frekuensi perkuliahan yang memuat tingkat kehadiran dosen.
  • Lembar kehadiran mahasiswa
  • Jadwal perkuliahan yang memuat pemanfaatan sarana-prasarana ruang kelas, Iaboratorium, lembar penggunaan media dan peralatan  pernbelajaran seperti LCD proyektor.
  • Catatan tentang proses tidak terstruktur di luar ruang kelas atau laboratorium/Labscan PWK, hal itu merupakan implementasi mendidikan berbasis kompetensi dan dasar keilmuan yang melatih kemandirian mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas matakuliah dan praktikum di dalam laboratorium/Labscan di studio, maupun di lapangan dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar termasuk kondisi nyata di lapangan, media pustaka, media cetak, dan media internet.

Selain itu evaluasi sebagai profesi dosen dilakukan dengan melaporkan pelaksanaan beban kerja dosen (BKD) setiap akhir semester dan lembar kerja dosen (LKD) setiap akhir tahun.

PENELITIAN

Monitorin dan Evaluasi Kegiatan Pembimbingan berdasarkan pada Pedoman Pelaksanaan dan Penilaian Tugas Akhir Prodi PWK. Penentuan mahasiswa bimbingan akademik sebagai Penasehat Akademik (PA) dilaksanakan di bawah koordinasi Kaprodi. Pembagian mahasiswa bimbingan PA dilakukan secara proporsional dengan jumlah yang relatif sama untuk setiap dosen. Pembimbing Tugas Akhir (TA) / skripsi ditentukan setiap bulan. atau jika jumlah proposal skripsi lebih dari 10 dengan mempertimbangkan kompetensi keilmuan calon pembimbing dan jumlah proporsional bimbingan persemester. Mahasiswa yang melakukan kerja praktek (KP) pada perusahaan swasta atau instansi pemerintah, penentuan nilainya selain yang berasal dari pembimbing di perusahaan atau instansi. tempat KP, juga ditentukan oleh tim dari Prodi PWK (Kaprodi dan tim dosen kelompok keilmuan).

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Monitoring kegiatan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi seluruh staf dosen dikoordinasikan melalui fakultas dalam bentuk isian data kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat yang terangkum pada Beban Kerja Dosen (BKD) setiap semester. Pelaksanaan penelitian secara berkelompok dalam bidang kelompok keilmuan harus sesuai dengan Roadmap penelitian Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota. Penelitian juga melibatkan mahasiswa untuk menjadikan hasil penelitian sebagai Tugas Akhir atau Skripsi (Tabel 7.1.2).

Pada tingkat universitas, monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) setiap tahun, terhadap dosen prodi melalui beragai skim penelitian dan pengabdian seperti yang diuraikan pada standar 7 Tabel 7.1.1a  dan 7.2.1.