System tata pamong pada prodi perencanaan Wilayah dan kota berjalan efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memlihara dan mengakomodasi semua unsur fungsi, dan perang dalam studi. Tata pamong didukung oleh budaya organisasi yang dicerminkan dari adanya keadilan dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan piminan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, system penghargaan dan sanksi serta pedoman dan produser pelayanan (administrasi, perpustakaan, dan laboratorium). System tata pamong, yang menyangkut input, proses, output dan outcame serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik, diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau, dan di evalasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

 

Tata pamong prodi perencanaan Wilayah dan Kota dilaksanakan secar konsisten untuk menjamin penyelenggaraan program studi secara kradibel, transparan akuntabel, bertanggung jawab dan adil. Pada statute Universitas Bosowa, program studi pimpinan oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Ketentuan, persyarantan dan tatacara pemilihan kaprodi perencanaan wilayah dan kota berdasarkan kepada peraturan Universitas Bosowa No. 307/01/U-45/V/2014. Berdasarkan SK No. 57/01/Unibos/2016, telah terpilih kaprodi perencanaan wilayah dan kota Unibos melalui prosedur pemilihan secara langsung oleh dosen secara demokratis.

1. Kredibel

Kredibel berarti memiliki legitimasi dan dipercaya oleh masyarakat dan para pemangkun kepentingan dan kota universitas Bosowa (stakeholders). Kredibiltas prodi  perencanaan wilayah dan kota Universitas bosowa di buktikan sebagai berikut:

 

  1. Konsistensi pada perturan akademik dan administrasi prodi perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bosowa.
  2. Hasil studi pelacakan terhadap pengguna lulusan yang menunjukkan kepuasan pengguna terhadap kinerja lulusan (Tabel 3.3.1)
  3. Persentasi lulusan prodi perencanaan wilayah dan kota Universitas Bosowa sebesar 86 persen yang bekerja sesuai dengan bidang keahlian (Gambar 3.1)
  4. Beberapa alumni prodi perencanaan wilayah dah kota Universitas Bosowa menduduki posisi penting di berbagai lembaga pemerintahan /eksekutif, lembaga legislatif, lembaga pendidikan, lembaga swasta (industry dan asosiasi ikatan ahli perencana),antara lain: Agus tantomo (wakil bupati berau kaltim), Rahman (ketua DPRD Kab.wajo), J.Robert (Bappeda Prov.sultra), Buhafiah (beppda sulteng) , ichsan marsaoli (PU Maluku utara), M.idrus (kadis perhubungan tojo una una), Ahmad sibali (Kadis ruang dan pemukiman provinsi sulbar), barata batara surya (kaprodi S2 PWK Unibos), Jamaluddi djahid (ketua IAP sulsel), iskandar (DPRD Prov. Maluku Utara),Hasanuddin leo (DPRD Kab.takalar), achmad M.diyahm (PU Sultra).
  5. Budaya organisasi dalam prodi perencanaan wilayah dan kota Univesitas bosowa melalui musyawarah dan mufakat, misalnya musyawarah dan mufakat misalnya:
  • Pemilihan kaprodi yang sesuai dengan tata cara yang termuat dalam peraturan fakultas tekhnik Univesitas Bosowa.
  • Evaluasi kurikulum program studi setiap 4(empat) tahun atau sesuai dinamika dan perkembangan ilmu perencanaan Wilayah dan Kota serta perhatikan pasar industry kerja.
  • Penyusunan kepanitiaan dalam kegiatan akademik dan administrasi.
  • Pengembangan laboratorium/labscan Regional and urban planning, labscan nfrastruktur wilayah dan kota kerjasama prodi PWK dengan lab.fakultas Teknik Unibos.
  • Penyusunan boring akreditasi dan evaluasi diri
  1. Etika tenaga kependidikan melalui kontol absen dan penilaian serta system penghargaan malaui kinerja yang di kelola oleh fakultas dan univesitas (surat keputusan Rektor No.308/01/U-45/V/2014).
  2. Pengembangan sumberdaya manusia (dosen, pegawai dan mahasiswa) yang adil melaluai pelatihan,kursus,workshop yang disesuaikan bidangnya (table 4.5.3).

2. Transparan

Setiap kebijakan prodi perencanaan wilayah dan kota Univesitas Bosowa menyangkut perencanaan, pelaksanaan, pengembangan,pengawasan,penganggaran, penilaian kinerja, dan penjamina mutu kegiatan tridharma perguruan tinggi disampaikan secara tertulis maupun secara lisan dalam rapat-rapat prodi perencanaan wilayah dan kota Universitas Bosowa.

 

Penyampaian juga dilakukan secara tertulis melaluai pengumuman. Profil prodi perencanaan wilayah dan kota Universitas Bosowa melalui brosur, banner misalnya: visi, misi, dan tujuan prodi. Penyampaian secara virtual/online dapat diakses langsung melalui jaringan internet pada situs web perencanaan wilayah dan kota Universitas Bosowa (www.universitasbosowa.ac.id/pwk).

Penyampaian kegiatan dan kebijakan prodi dilaksanakan secara insidentil perkegiatan maupun secara berkala per-semester atau per-tahun ajaran, berupa pertemuan sosialisasi sebelum implementasi maupun pertemuan evaluasipada saat berakhir kegiatan. Pada kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB), Prodi Perencanaan wilayah dankota mengundang  seluruh orang tua/wali dan mahasiswa baru untuk diberikan informasi mengenai peraturan dan norma akdemik yang berlaku di prodi perencanaan wilayah dan kota Universitas Bosowa.

 

Penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RKAT) dilaksanakan melalui rapat prodi dengan kepala laboratotium/labscan yang berbasis kebutuhan laboratorium/labscan yang di laksanak setiap akhir semester. Sebagai contoh pelaksanaan praktek praktek studio perencanaan infrastruktur (transfirtasi dan prasaranan wilayah) yang membutuhkan biaya yang besar, maka setiap pelaksanaan dalam rapat prodi perencanaan wilayah dan kota unversitas bosowa. Hampir semua anggaran biaya yang di usulkan tidak mampu di biayai oleh RKAT prodi sehingga diputuskan dalam rapat hanya beberapa item yang dibiayai oleh Prodi selebihnya dicarikan bantuan melalui sponsor dan alumni. Biaya analisi di labscan dikoordinasikan kepada Prodi perencanaan wilayah dan kota UniversitaS Bosowa  untuk digunakan sebagai biaya operasional dan maintenance Laboratorium/Labscan.

 

Penyusunan jadwal dan pengampu mata kuliah dirapatkan setiap akhir semester sebagai monitoring dan evaluasi perkembangan pelaksanaan akademik semester berjalan dan perencanaan kegiatan akademik semester berikutnya. Sebagai contoh, penegasan pengampu mata kuliah disesuaikan bidang keahlian, misalnya mata kuliah studi perencanaan wilayah dan studio perencanaan kota yang berada dalam kelompok keahlian (KK) perencanaan wilayah dan kota diampu oleh dosen bidang perencanaan dan wilayah dibidang perencanaan kota. Demekian pula pengampu perencanaan imprastruktur dan prasarana wilayah yang berada dalam (KK) imprastruktur (WK).

 

Kebijakan lain disampaikan melaui media online seperti jadwal akademik setiap tahun ajaran, kurikuluk dan silabus, jadwal kuliah dan dan ujian akhir semester, pengisian KRS, informasi dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penjaminan mutu, kerjasama kemitraan dan laporan kinerja dosen prodi PWK fakultas teknik.

3. Akuntabel

Akuntabilitas prodi perencanaaan wilayah dan kota universitas bosowaditunjukkan dengan penyampaian capaian pelaksanaan setiap awal semester berjalan, misalnya pelaksanaan kegiatan semester genap 2015/2016 dilaporkan pada awal PWK dan SOP fakultas teknik unibos (2014). Pengelola prodi menerima masukan, tanggapan dan evaluasi untuk perbaikan kedepan. Pertemuan semesteran dan tahunan ini merupakan merupakan bagian dari mekanisme pengawasan internal dan koordinasi dengan dosen. Pengawasan internal pelaksanaan kegiatan akdemik juga dilakukan gugus kendali mutu baik dari tingkat fakultas tekhnik maupun dari tingkat universitas bosowa.

Laporan kinerja dosen prodi perencanaan wilayah dan kota universutas bosowa di konsultasikan kepada tim assessor /tim penjaminan mutu yang dilaporkan kinerja dosen yang telah dibuat, kemudian di setujui dan di tandatangani oleh tim tersebut dengan kaprodi serta dekan dan diserahkan kepada system data dan informasi beban kerja (LKD & BKD Universitas Bosowa). Berdasarkan surat keputusan yayasan aksa Mahmud No. 002/SK-YAM/II-2016) tentang mekanisme penilaian LKD dan BKD linkup Universitas Bosowa. Pegawai dalam lingkup prodi perencanaan wilayah dan kota universitas bosowamenyusun sasaran kinerja pegawai (SKP) yang dikoordinir oleh WR.II dan biro kepegawaian yayasanUniversitas Bosowa yang mencakup seluruh kinerja dalam setiap targetnya. Monitoring penyelenggaraan perkuliahan dan peraktikum dilakukan setiap minggu melalui system informasi manajemen pendidikan  (SIM) Universitas Bosowa.

4. Bertanggung Jawab

Ketua program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bosowa memberikan pertanggung jawaban tentang pelaksanaan kegiatan akademik kepada dekan fakultas dan gugus mutu ditingkat fakultas teknik Unibos yang selanjutnya dilaporkan ketinkat universitas. Pertanggung jawaban meliputi pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi tingkat capaian keberhasilan kegiatan dan emplementasinya, acuannya adalah peraturan akademik dan system penjaminan mutu internal Unibos sebagaiman tertuang dalam buku Panduan Universitas Bosowa (2014), dokumen evluasi manajemen internal (EMI) Unibos (2014), dan dokumen system penjaminan mutu unibos (2014), dan prosedur Oprasional Standar/SOP Universitas Bosowa.

5. Adil

Pengelolaan prodi perencanaan wilayah dan kota universitas bosowa dibangun dengan prinsip keadilan. Kegiatan akademik setiap dosen diupayakan menganut prinsip keseimbangan yang berdasarkan kepada kompetensi dan pengalaman mengajar dosen, misalnya pembagian tugas mengajardan pembimbing tugas akhir. Pembagian tersebut dialkukan dengan melihat besarnya beban dosen yang dilakukan pada rapat-rapat akdemik ditingkat prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas bosowa.