Sistem pengelolaan program studi fungsional dan operasional sebagai berikut:

1. Planning

perencanaan yang dilakukan oleh prodi perencanaan wilayah dankota Unibos yang mengacu pada rencana strategis fakultas teknk unbos tahun 2014-2018. Perencanaan yang dilakukan mencakup prgram kerja pada bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kpada masyarakat, kemahasiswaan dan  hubugan alumni, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana dan kerjasama.

Beberapa kegiatan perencanaan dalam prodi perencanaan wilayah dan kota unibos sebagai berikut:

  • Kaprodi menyusun RKAT berdasarkan kebutuhan prodi dan laboratorium/labscan yang juga dilandaskan pada visi-misi, mengacu pada tujuan dan sasaran institusi, serta bertolak dari strategi yang telah ditetapkan.
  • Kaprodi perencanaan wilayah dan kota Unibos berkoordinasi dengan pimpinan fakultas dan pimpinan unibos merencanakan pengembangan institusi, misalnya: rencana pengembangan kampus lapangan di kabupaten takalar, kabupaten bone, kabupaten enrekang, kabupaten maros, kabupaten bulu kumba melalui kerjasama dengan pemerintah setempat.
  • Perencanaan peningkatan kualitas SDM dosen dengan membrikan kesempatan dengan mempasilitasi studi lanjut. Hingga tahun 2016, tiga (3) dosen telah menyelesaikan studi pada tingkat doctoral (batara surya, agus salim dan syafri) dan 3 (tiga orang) dalam proses penyelesaian program tingkat doctoral (rudi latief, Kamran aksa dan rahmawati R). sedangkan peningkatan kualitas tenaga kependidikan dengan mengikutkan kualitas pelatiahn/workshop, misalnya workshop  audit internal misalnya pengembangan kapsitas tenaga pendidik dan dosen “umbrella activity” yayasan aksa Mahmud/bosowa group tahun 2014.

Kaprodi melakukan perencanaan peningkatan kualitas kurikulum, slabi, metode, dan materi pembelajaran; penjalinan kerjasama dengan institusi akademik lain, pelaku bisnis dengan industry/konsultan, lembaga pemerintahan, serta litbang institusi di tingkat nasional maupun internasional..

2. Organizing

Kaprodi perencanaan wilayah dan kota Unibos melaksanakan kegiatan berkoordinasi dengan kepala laboratorium/studio labscan dosen dan tenaga laboran, seperti kegiatan- kegiatan sebagai berikut:

  • Mengelola kegiatan rutin penyelenggaraaan kegiatan akademik berjalan setiap tahun.
  • Kegiatan-kegiatan rutin yang membutuhkan kepanitiaan, maka ketua program studi membentuk panitia dan mendelegasikan kepada panitia tersebut:
  1. Panitia tetap, antara lain: panitia kuliah/studio/praktek lapangan yang setiap tahunnya dilaksanakan, panitia pengembangan dan revisi kurikulum dan metode pembelajaran maha siswa/student centered learning (SCL) Universitas bosowa, panitia boring agreditasi, serta panitia menyusun jurnal special perencanaan wilayah dan kota.
  2. Panitia ensidentil, misalnya: panitia penyelenggara seminar/konferensi/lokakarya/stadium general yang melibatkan mahsiswa dan alumni PWK.
  • Meningkatkan kualitas dan professional dosen dengan pembentukan pusat-pusat kajian PWK, rencana pembentukan laboratorium- laboratorium riset yang relevan dengan program studi PWK.

Menjalin kerjasam dengan lembaga nasional maupun internasional, dengan panitia universitas bosowa melalui kerjasama wakil rector I,III dan koordinasi wakil dekan II ke prodi perencanaan wilayah dan kota unibos

3. Staffing

Kaprodi perenccanaan wilayah dan kota Unibos dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari dibantu oleh dosen dan tenaga akademik melalui penugasan individual maupun tim kerja, sehingga memberi kesempatan kepada setiap individu untuk dpata mengembangkan potensi diri secara optimal. Pemberdayaan dalam pelaksanaan fungsi organisasi tersebut diwujudkan dalam usulan kepanitiaan kepada fakultas untuk dibuatakan surat keputusan(SK), misalnya penempatan staf administrasi dengan tugas masing-masing, penempatan laboran dengan tugas masing-masing.

4. Leading

Ketua program studi menggerakkan fungsi dalam civitas akademika prodi perencanaan wilayah dan kota unibos sebagai berikut:

  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga mudah di civitas akademika (khususnya mahasiswa) untuk melakukan kegiatan akademik missalnya kerja praktek.
  • Selain itu kaprodi perencanaan wilayah dan kota unibos juga melaksanakan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan dari tingkat fakultas dan universitas dalam kegiatan sehari-hari di prodi perencanaan wilayah dan kota unibos seperti: penyusunan dan implementasi standart oprasional procedure (SOP), kegiatan akademik baik perncanaan, monitoring maupun evaluasinya.

Sebagai ketua program studi, juga memberikan dorongan motivasi kepada dosen-dosen (khususnya dosen junior-senior) untuk meningkatkan kapabilitas/kapsitasnya khusunya dalam studi lanjut.Dorongan untuk

untuk  perbaikan kinerja juga dilakukan baik kepada dosen, tenaga kependidikan maupun kepada mahasiswa.

5. Controlling

Kepemimpinan ketua program studi sebagai control dilakukan dalam pelaksanaan akademik untuk menjamin efektivitas dan efesiensi yang tinggi dalam pengelolaan prodi teknik PWK unibos melalui pertemuan dan rapat rutin maupun insidentil. Control khususnya dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran danpelaksanaan praktikum semester berjalan. Untuk pelaksanaan pengelolaan setiap bulan dilakukan rapat koordinasi dengan fakultas.