secara normatif kegiatan prodi perencanaan wilayah dan kota universitas bosowa yang berhubungan dengan kepemimpinan baik organisasional, oprasional maupaun kepemimpinan public berdasrkan kepada peraturan yang berlaku dalam lingkup universitas bosowa. Peraturan tersebut terhimpun dalam buku panduan lengkap peraturan universitas bosowa dan yaysan aksa Mahmud tahun 2013-2016.

1. Kepemimpinan Operasional

Kepemimpinan oprasional linkup prodi perencanaan wilayah dan kota di tuangkan dalam kegiatan akademik berdasarkan rancangan dan rencana akademik yang mengacu pada jadwal akademik yang ditepatkan oleh Unibos.rencana akademik yang merupakan kegiatan rutin meliputi seleksi penerimaan mahasiswa baru, kegiatan perkuliahan, kegiatan KKn, ujian tengah dan akhir semester, seminar dan ujian tugas skripsi, pelaksanaan kegiatan akademik tersebut dilaporkan kepada fakultas teknik selanjutnya kerktorat.

Kelancaran pelaksanaan kegiatan akademik yang rutin tersebut tercapai atas bantuan dari tenaga kependidikan baik yang ada tingkat universitas maupun ditingkat fakultas. Dengan perencanaan yang terkoordiansi tersebut, kegiatan akdemik dapat berjalan dengan baik.

2. Kepemimpinan Organisasi

Kepemimpinan organisasi prodi dikoordinasikan dengan wakil dekan 1 dan para kepala laboratorium/labscan. Dalam pelaksanaannya juga dfilakukan pemilihan wewenang dalam bentuk penugasan dosen untuk melaksanakan dan bertanggung jawabterhadap suatu kegiatan akademik misalnya pelaksanaan kegiatan kuliah/studio/praktek lapangan.

3. Kepemimpinan Publik

Kepemimpinan publik prodi merintis dan membentuk jalinan kerjasama kemitraan dengan masyarakat umum sebagai pengguna lulusan, mencakup: kalangan industry dan konsultan perencana, kalangan birokrasi tingkat provinsi maupun kabupaten/lota, klangan pengusaha swasta dalam bidang yang relevan dengan ilmu perencanaan wilayah dan kota, kalangan pendidikan/sekolah perencanaan indonesiadari perguruan tinggi lain dalam skala nasional maupun internasional.selain itu, prodi senantiasa memelihara dan memperkuat jalianan dengan ikatan alumni perencanaan wilayah dan kota universitas bosowa.