Pada tahun 1986 Perguruan Tinggi Swasta Universitas 45 Makassar didirikan oleh Bapak Dr.(Hc) H. Andi Sose dengan memiliki enam fakultas diantaranya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan membina 2 jurusan, yakni Teknik Sipil dan Teknik Planologi (sekarang bernama Perencanaan Wilayah dan Kota). Jurusan Teknik Planologi adalah merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Operasional penyelenggaraan pendidikan Jurusan Teknik Planologi dilakukan kerjasama dengan Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin Ujung Pandang (nama sebelum Makassar) dan Departemen Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dalam penyelenggaraan pendidikan memiliki ijin operasional sesuai SK Mendikbud No. 3261/D/T/K-IX/2010 tanggal 4 Agustus 2010 (017/BAN-PT/Ak-IX/S1/2005). Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional, melalui SK BAN (SK No. 047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011) tanggal 29 Desember 2011 dan masa berlakunya sampai tanggal 29 Desember 2016.

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota saat ini sudah berkembang dan memiliki mahasiswa secara keseluruhan sebanyak 1.848 orang (1986-2013) dan ditunjang bangunan gedung kembar berlantai 9 sebagai tempat proses akademik. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota menerima mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia khususnya Kawasan Timur Indonesia, bahkan beberapa mahasiswa berasal dari Negara Timor Leste.
Saat ini, Universitas 45 Makassar sudah beralih pengelolaan yang sebelumnya dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Aksa Mahmud yang dilaksanakan bertepatan dengan HUT RI Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2013 dalam acara Penandatanganan Berita Acara Pengalihan Pengelolaan Universitas 45 Makassar dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Aksa Mahmud.