Standar Mutu

Sistem penjaminan mutu PS Teknik Kimia terkoordinasi oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) di tingkat Universitas. BPM mempunyai garis koordinasi dengan ketua PS dan Tim Penjaminan Mutu Prodi dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu.

Ketua PS bertanggung jawab atas terjaminnya mutu akademik di PS dan tenaga kependidikan dan Tim penjaminan mutu prodi yang bertindak sebagai manajemen Representatif (MR) yang memiliki tugas sebagai perwakilan manajemen untuk keperluan Audit internal maupun eksternal.

Spesifikasi Program Studi, Kompetensi Lulusan dan dokumen Kurikulum, Manual Mutu dan Manual Prosedur meliputi dokumentasi, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Umpan Balik

Umpan BalikIsi Umpan BalikTindak Lanjut
DosenKurang koordinasi antara mahasiswa dan dosen pembimbind dalam pelaksanaan KKN-P Pembimbing KKN-P dapat dilakukan melalui email.
DosenMahasiswa skripsi jarang mengkonsultasikan perkembangan penelitiannya.Sebelum melaksanakan PKL, mahasiswa diwajibkan membuat jadwal
DosenRencana kerja PKL belum jelas.
MahasiswaSecara umum mahasiswa menilai baik proses pembelajaran. Beberapa point yang dinilai kurang diantaranya:Proses pembelajaran yang sudah dinilai baik oleh mahasiswa akan dipertahankan dan lebih ditingkatkan.
MahasiswaMahasiswa kurang dilibatkan dalam penelitian dosen.Mahasiswa akan dilibatkan dalam penelitian dosen khususnya bagi mahasiswa yang sudah menempuh skripsi.
MahasiswaBeberapa tugas tidak dibahas secara tuntas.
MahasiswaDosen tidak memberikan contoh hasil penalitiannya saat menyampaikan mata kuliah.
AlumniAda keseimbangan antara praktikum dengan teori dalam proses pembelajaranTetap menjalin hunungan dengan alumni untuk mendapatkan perkembangan industri
Penggunaan lulusanMahasiswa perlu dibekali pemahaman mengenai pembacaan diagram alir proses, perpipaan dan instrumentasiDi mata kuliah yang terkait (Proses Indistri Kimia, Perancangan Pabrik,Menggambar Teknik) akan diberikan porsi lebih mengenai materi tersebut.

Keberlanjutan Prodi Teknik Kimia

Upaya untuk menjamin keberlanjutan proses pembelajaran di PS Teknik Kimia, dilaksanakan berbagai mekanisme:

Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

  1. Melaksanakan Promosi Terpadu dengan kantor pusat melalui penyebaran leaflet, website, kunjungan langsung ke instansi target.
  2. Memanfaatkam media website untuk menyebarluaskan prestasi-prestasi dosen, mahasiswa,dan alumni di nasional maupun di internasional sehingga menarik minat calon mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan kegiatan open house.

Upaya peningkatan mutu manajemen:

  1. Mengembangkan dan memperluas peran Badan Penjaminan Mutu (BPM) di PS sebagai bentuk pengembangan kelembagaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
  2. Melakukan pemantauan keberhasilan implementasi SPMI pada semua civitas akademika (dosen,tenaga penunjang mahasiswa) serta pemangku kepentingan.
  3. Melakukan pemutakhiran database akademik dan sumber daya.
  4. Melakukan peninjauan ulang (manajement review) dokumen akademik dan dokumen mutu sesuai kebutuhan.
  5. Membuat Evaluasi Diri PS Teknik Kimia yan secara periodek dilaporkan kepada atasan langsung dalam rangka meningkatkan mutu akademik.

Upaya untuk peningkatan Sarana dan Prasarana

Setelah Peralihan manajemen dari yayasan Andi Sose ke yayasan Aksa Mahmud. Komitmen Yayasan Aksa Mahmud untuk peningkatan sarana dan prasaranasangat tinggi terbukti pihak yayasan menghimbau untuk membuat proposal pembangunan laboratorium sesuai standar.

Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

  1. Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.
  2. Meningkatkan pendampingan dosen untuk perolehan prestasi mahasiswa dalam bidang penelitian, pengabdian dan publikasi
  3. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian & PKM dosen.
  4. Memfasilitasi dan mendorong mahasiswa berkompetisi di tingkat nasional dan internasional
  5. Memberikan wadah untuk peningkatan soft skill mahasiswa melalui kegiatan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, komputer, dan bahasa inggris.

Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan:

  1. Membuka kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta dengan unsur saling menguntungkan.
  2. Mengembangkan lokakarya bersama dengan mitra kerja seperti industri dan pemda dalam rangka merumuskan arah kerjasama kemitraan.
  3. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan industri dan pemda.

Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif:

  1. Upaya meningkatkan perolehan dan hibah kompetitif telah dilakukn pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan jumlah proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hibah kompetisi dam membuka jejaring kerjasama penelitian dengan institusi pemerintah maupun swasta.
  2. Meningkatkan budaya peneliti kepada dosen dan mahasiswa serta mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal terakreditasi /terindeks scopus
  3. Meningkatkan sitasi karya tulis ivitas akademika

Upaya peningkatan jumlah kualifikasi SDM

  1. Meningkatkan jumlah dosen studi lanjut (doktor) sesuai kompetensi.
  2. Meningkatkan jumlah PLP sesuai dengan kompetensi laboratorium Teknik Kimia.
  3. Meningkatkan jumlah tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensi.