Pelaksanaan Pembelajaran

Sistem pembelajaran dibngun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang,mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa),penyusunan materi perkulihan, serta penilaian hasil belajar.

MONITORING KEHADIRAN DOSEN

Absensi kehadiran dosen di monitoring tiap hari, dan diinput kedalam data base Pengelola Penjamnan Mutu Universitas Bosowa dan dilaporkan ke Fakultas serta Program Studi.

MONITORING KEHADIRAN MAHASISWA

Setiap mata kuliah memiliki absensi yang didalamnya mencakup monitoring terhadap kehadirn mahasiswa. Absensi ini setiap akhir minggu di pantau, diinput dalam data base Program Studi, dan dievalusi oleh dosen yang bersangkutan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan minimal 80% dari 16 kali pertemuan tatap muka. Jika tidak terpenuhi, maka mahasiswa dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian akhir mata kuliah, dengan arti lain tidak lulus mata kuliah tersebut.

MONITORING MATERI SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Lembar monitoring perkuliahan meliputi absensi kehadiran mahasiswa dan monitoring materi perkuliahan. Dosen mengisi lembar monitoring perkuliahan sesuai dengan materi atau pokok bahasan dan sub pokok bahasan sesuai dengan RPS/SAP yang telah disusun dalam kurikulum. Setiap dosen diwajibkan memberi perkulihan sesuai dengan rambu-rambu atau jalur yang ada. Dalam hal ini adalah RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan SAP (Satuan Acara Pembelajaran) yang dikumpul dalam di jurusan dan Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI). Untuk mengantisipasi dosen yang tidak mengikuti RPS dan SAP, maka dalam setiap bulan absensi kehadiran mahasisw adan monitorig materi perkuliahan mata kuliah tersebut akan dipantau oleh kaprodi dan BPM. Rekapitulasi hasil pantauan akan disampaikan ke masing-masing dosen penanggung jwab mata kuliah.