Pedoman Monitoring & Evaluasi

Sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dilakukan berdasarkan Pedoman Sistem Monev yang dibuat Badan Penjaminan Mutu (BPM)  Universitas yang mengacu pada Pedoman Akademik Universitas Bosowa Nomor 974/01/U 45/XII/2014 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran dan Peraturan Rektor Universitas Bosowa Nomor 976/01/U-45/XII/2014 tentang Mekanisme Penilaian Dosen Dan Tenaga Kependidikan. Sedangkan kinerja tenaga kependidikan berdasarkan panduan yang dibuat oleh HRD yayasan Aksa Mahmud.

Pelaksanaan Monitoring & Evaluasi

PENDIDIKAN

1 .Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Perkuliahan

  • Monitoring perkuliahan dilakukan oleh tim penjaminan mutu prodi dibawah koordinasi Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas melalui pemantauan daftar hadir (absensi) perkuliahan, rekaman perkuliahan dan tinjauan ke kelas oleh staf yang ditunjuk Penjaminan Mutu Universitas.
  • Monitoring kehadiran dosen dilakukan dengan menggunakan mesin pendeteksi kehadiran (check lock).
  • Evaluasi kegiatan perkuliahan dilakukan setiap bulan, dengan melihat kontrol absensi dengan format yang ditandatangani oleh dosen dan mahasiswa yang hadir saat proses pembelajaran dan tinjauan langsung dilakukan oleh staf yang ditunjuk oleh BPM untuk setiap matakuliah yang disajikan oleh program studi pada semester berjalan tersebut.
  • Rekapitulasi seluruh kegiatan matakuliah pada Program Studi Arsitektur semester berjalan ditandatangani oleh Ketua Program Studi kemudian dilaporkan ke Wakil Dekan I, yang selanjutnya disampaikan ke tingkat Fakultas dan Universitas Bosowa Makassar.
  • Hasil rekapitulasi evaluasi kegiatan perkuliahan dibahas dalam rapat tingkat Universitas untuk ditindak lanjuti bila dianggap perlu.
  • Evaluasi kegiatan belajar mengajar akhir semester dilakukan melalui kuisioner yang dibagikan ke mahasiswa pada saat ujian final.

2. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembimbingan

Penentuan sebagai penasehat akademik (PA) dilaksanakan dibawah koordinasi Ketua Prodi setiap tahun ajaran baru, pembagian mahasiswa bimbingan PA dilakukan secara proporsional dengan jumlah yang relatif sama untuk setiap dosen. Penentuan pembimbing dan penguji untuk mahasiswa yang akan melakukan Tugas Perancangan, penelitian dan ujian skripsi pada Program Studi Arsitektur oleh Ketua Prodi. Pembagiannya ditentukan berdasarkan  kompetensi keilmuan dosen serta proporsional jumlah bimbingan setiap dosen.

PENELITIAN

Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh reviewer internal maupun eksternal yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa Makassar. Reviewer internal dari Universitas Bosowa sedangkan reviewer eksternal berasal dari luar Universitas Bosowa.

Berbagai aspek yang menjadi perhatian dalam proses monitoring meliputi: kesesuaian penelitian dengan bidang keilmuan, roadmap penelitian, kemajuan pelaksanaan, penggunaan dana dan hasil dari penelitian sebagai bentuk laporan akhir penelitian, disamping itu termasuk perihal keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian tersebut.

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Adapun yang terkait dengan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa menyangkut kemanfaatannya bagi masyarakat, penggunaan dana, dan keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaannya dalam kegiatan tersebut. Tenaga kependidikan diawasi kinerjanya oleh pimpinan unit masing-masing agar