Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama,serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung oleh budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan,tatacara pemilihan pimpinan,etika dosen,etika mahasiswa,etika tenaga kependidikan,sistem penghargaan dan saksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi,perpustakaan,laboratorium,dan studio). Sistem tata pamong (input,proses,output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan,disosialisasikan,dilaksanakan,dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

1. Kredibel

Sistem tata pamong PS S1 Arsitektur Unibos senantiasa menerapkan azas kredibel yang ditunjukkan dengan pemilihan ketua prodi dan sekretaris prodi melalui rapat pleno PS dengan prinsip musyawarah mufakat, demokrasi, terbuka, jujur, adil, bertanggungjawab dan mempertimbangkan jejak rekam calon ketua PS.  Ketua PS terpilih kemudian di SK kan oleh pimpinan universitas sebagaimana yang tercantum dalam SK Rektor No. 411/01/U45/XII/2014

Tentang Pemberhentian Dan Pengangkatan Ketua Jurusan. Kepala laboratorium dipilih dan disetujui oleh rapat pleno dengan memperhatikan jejak rekam dan kompetensi dosen sebagai kepala laboratorium yang disahkan oleh SK Rektor (Lampiran SK Rektor No. 264/01/U 45/III/2015, tentang Penangkatan Kepala Laboratoium). Keputusan yang diambil oleh ketua PS Arsitektur selalu didasarkan pada rapat pleno yang dihadiri oleh pimpinan dan seluruh dosen PS serta tenaga kependidikan dengan tingkat kehadiran >80% baik itu keputusan terkait akademik, kemahasiswaan, maupun administrasi. Keputusan yang diambil pada rapat pleno PS merupakan keputusan tertinggi pada tingkat PS (lampiran berita acara dan absensi rapat pleno bidang akademik, kemahasiswaan, maupun administrasi).

2. Transparan

Sistem tata pamong yang transparan diterapkan oleh PS S1 Arsitektur Unibos pada hal-hal sebagai berikut:

Penyusunan Renstra dan Renop PS S1 Arsitektur Unibos mengacu pada Renstra Fakultas Teknik Universitas Bosowa (lampiran Renstra Fakultas Teknik 2014-2018) Hal-hal terkait kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk pendanaan untuk pengembangan PS Arsitektur dan dana lainnya diinformasikan secara transparan oleh pimpinan PS Arsitektur dalam rapat pleno yang dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan sesuai dengan program kerja PS Arsitektur.

Hasil rapat disosialisasikan melalui notulen dan media lain sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan. Rapat kerja untuk pertanggungjawaban dan perencanaan kergiatan PS S1 Arsitektur Unibos dilakukan secara periodik (lamapiran berita acara dan daftar kehadiran rapat kerja pertanggungjawaban dan perencanaan kegiatan).

Sistem informasi akademik kepada mahasiswa juga disampaikan secara transparan melalui website Universitas Bosowa (www.universitasbosowa.ac.id) yang dapat diakses setiap saat.

3. Akuntabel

Akuntabilitas sistem tata pamong PS S1 Arsitektur Unibos dapat dilihat dengan adanya Badan Penjamin Mutu (BPM) Universitas yang menyusun standar mutu dan akan melakukan audit pelaksanaan sistem dan kepatuhan serta melakukan pelaporan secara berkala.

Prosedur  Audit dilakukan dengan dua cara yaitu audit Internal dan Eksternal di bidang Non-Akademik. Sedangkan dibidang akademik, monitoring dan evalusi dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM), Satuan Penjaminan Mutu (SPM/di Fakultas), dan Gugus Penjaminan Mutu (Prodi), dimana salah satu staf pengajar program studi Arsitektur menjadi anggota Gugus Penjaminan Mutu.

4. Bertanggung Jawab

Sistem tata pamong PS S1 Arsitektur Unibos yang bertanggung jawab ditunjukkan dengan beberapa hal sebagai berikut. Evaluasi proses belajar mengajar (PBM) dan kehadiran dosen dilakukan pada pertemuan 4, 8, dan 12 pada semester berjalan dan disampaikan ke PS.

Seluruh dosen diwajibkan dan bertanggung jawab untuk mengisi Beban Kerja Dosen (BKD) Dikti dan BKD Yayasan serta pengisian data kinerja penilitian. Menginformasikan kemajuan prestasi akademik mahasiswa dalam bentuk laporan kartu hasil studi (KHS) per semester yang dapat diakses pada website www.universitasbosowa.ac.id.

Menyusun Rencana Operasional PS Arsitektur 5 tahun untuk dibahas di rapat pimpinan (lampiran Renop PS Arsitektur). Menyusun RKAT setiap awal tahun ajaran baru.

5. Adil

Sistem tata pamong pada PS S1 Arsitektur Unibos telah dilakukan berdasarkan  prinsip adil dan dibuktikan pada hal-hal berikut ini. Distribusi beban mengajar dosen mengacu pada SK Rektor No. 350/01/U45/VI/2014 tentang Beban Kerja Dosen dan dibicarakan pada rapat pleno dan dibagi secara proporsional berdasarkan beban mengajar dan kinerja dan kompetensi dosen (lampiran berita acara dan daftar kehadiran rapat distribusi beban kerja mengajar dosen).

Pembagian proporsi tim pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan kompetensi, rekam jejak dan beban kinerja setiap dosen dibicarakan pada rapat pleno PS Arsitektur (lampiran berita acara dan daftar kehadiran rapat pleno penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) Pendistribusian tim pembimbing mahasiswa dalam kegiatan penalaran mahasiswa maupun pembimbingan skripsi dilakukan secara proporsional dan didiskusikan dalam rapat pleno (lampiran berita acara dan daftar kehadiran rapat distribusi tim pembimbing mahasiswa). Mengembangkan pembinaan sistem penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) untuk setiap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.