Kegiatan Mahasiswa

KEGIATAN STUDI PENGENALAN DAN PENGKADERAN ARSITEKTUR (TERJADWAL)

Kegiatan STUPA adalah kegiatan pengenalan dan pengakaderan mahasiswa baru dilingkup PS. Dimana kegiatan utamanya adalah memperkenalkan dunia arsitekturkepada mahasiswa baru. Kegiatan ini penting untuk dilakukan guna menciptakan suasana akrab antara mahasiswa senior dan mahasiswa baru.

Kegiatan-STUPA-yang-dilakukan-di-Kabupaten-Bantaeng

Kegiatan STUPA yang dilakukan di Kabupaten Bantaeng

STUDI BANDING DAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL). (TERJADWAL)

Studi banding dilakukan tiap tahun dengan tema yang berbeda. Studi banding dilakukan pada bangunan-bangunan tertentu sesuai dengan tema yang ditentukan oleh PS dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Bosowa sebagai panitia pelaksana.

Studi-Banding-Pada-Konstruksi-Rumah-Sakit-di-Kabupaten-Bantaeng

Studi Banding Pada Konstruksi Rumah Sakit di Kabupaten Bantaeng

PEMAGANGAN MAHASISWA PADA KEGIATAN-KEGIATAN PERENCANAAN YANG DITANGANI SECARA MANDIRI OLEH DOSEN

SEMINAR NASIONAL DAN LOKARKARYA YANG DIADAKAN OLEH DOSEN DAN MAHASISWA

Kegiatan seminar diagendakan dilakukan tiap tahunnya dengan mengundang pemerintah daerah, pemerhati kota, dan arsitek sebagai narasumber seminar.

Seminar-Nasional-Konstruksi-Arsitektur-dan-Sosial-Masyarakat-Makassar-2016

Seminar Nasional ”Konstruksi Arsitektur dan Sosial Masyarakat Makassar” 2016

TEMU ALUMNI

Pertemuan dengan alumni juga secara rutin dilaksanakan minimal sekali setahun atau dalam rangka dies natalis jurusan. Keseluruhan kegiatan diatas membuat para dosen, mahasiswa dan staf jurusan mampu menciptakan suasana akademik yang kondusif. Pertemuan Alumni dalam rangka kegiatan Reuni Akbar ditunjukkan pada Gambar berikut:

Reuni-Akbar-Ikatan-Alumni-Arsitektur-Universitas-Bosowa

Reuni Akbar Ikatan Alumni Arsitektur Universitas Bosowa

Layanan Mahasiswa

BIMBINGAN & KONSELING

  1. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) setiap awal semester. Jumlah mata kuliah yang akan di programkan.
  2. Proposal Judul Tugas Akhir oleh mahasiswa tugas akhir.
  3. Bimbingan Tugas Akhir.
  4. Evaluasi Produk Studio Tugas Akhir.

MINAT DAN BAKAT (EKSTRA KURIKULER)

  • Bidang Penalaran
    Tujuan utama dari program ini adalah diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang pembentukan mental berfikir kritis dan ilmiah di kalangan mahasiswa. Salah satu bentuk kegiatan ini adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) baik di bidang penelitian, teknologi, pengabdian masyarakat, dan kewirausahaan.
  • Dibidang Olahraga
    Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja mahasiswa karena terlalu padatnya kegiatan mereka dibidang akademik, maka haruslah diimbangi dengan kegiatan olahraga yang memadai.Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk mata kuliah kokulikuler. Adapun beberapa klub olahraga mahasiswa binaan kami, antara lain meliputi: Klub Taekwondo, klubsepak bola, tennis meja, Bola Basket dan bulu tangkis yang dikoordinir oleh dosen pengasuh mata kuliah kokurikuler.
  • Bidang Seni
    Beberapa kegiatan mahasiswa di bidang seni yang kami bina antara lain adalah kegiatan bandkampusyang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan kreastivitasnya dalam bidang tarik suara.

PEMBINAAN SOFT SKILLS

  1. BCSS
  2. PKM
  3. Pelatihan-pelatihan

BEASISWA

  1. Bidik Misi
  2. PPA
  3. BPP (Beasiswa Peningkatan Prestasi)
  4. Beasiswa PemprovSulsel
  5. Beasiswa Pemerintah Kabupaten
  6. Beasiswa PT.Vale
  7. Beasiswa Pertamina

KESEHATAN

Pelayanan mahasiswa di bidang kesehatan diselenggarakan oleh Klinik yang berlokasi di Sekretariat UKM Palang Merah dan juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Awal Bros yang juga merupakan Rumah Sakit yang di naungi oleh Bosowa Group. Selain itu, ketika ada mahasiswa yang kurang sehat atau terjadi insiden ketika berada di kampus, maka UKM Palang merah yang akan melakukan pertolongan pertama pada korban (yang membutuhkan).