Proses Pembimbingan Akademik

TUJUAN PEMBIMBINGAN

Sebagai tutorial disamping peranan di tingkat Jurusan yaitu Ketua Jurusan yang setiap berkomunikasi langsung dengan mahasiswa. Bimbingan dalam bentuk konseling pribadi dan sosial, dari staf pengajar sangat memungkinkan karena hubungan keduanya tidak punya sekat.

PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN

  1. Pembimbingan pada awal semester dilakukan pada saat pengambilan/pengisian KRS
  2. Bimbingan pada awal semester dilakukan dengan maksud mengetahui prestasi akademik anak bimbingan pada akhir semester dan rencana pemrograman mata kuliah semester berikutnya, serta memberikan arahan/pandangan keterkaitan antara mata kuliah yang diprogram dengan mata kuliah yang menjadi prasyaratnya, oleh karena itu diharapkan setiap pembimbing/penasehat akademik memperhatikan kategori mata kuliah yang bersyarat serta Indeks Prestasi mahasiswa semester lalu untuk menjadi patokan dalam penentuan jumlah SKS semester berikutnya.
  3. Setiap pembimbing/penasehat akademik memberikan arahan terhadap besar/berat ringannya tugas-tugas terkait dengan mata kuliah yang diprogramkan, sehingga diharapkan setiap mahasiswa tidak memprogramkan mata kuliah yang mempunyai intensitas tugasnya besar/berat dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan.
  4. Pembimbingan ke-2 pada saat pertengahan semester untuk mengevaluasi kemajuan peserta bimbingan selama paruh kuliah berjalan, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kesulitan/kendala yang dihadapi selama dalam pengerjaan tugas-tugas.
  5. Pembimbingan ke-3 pada saat menjelang final, untuk memberikan arahan-arahan kepada mahasiswa bagaimana kiat-kiat/kesiapan menghadapi ujian akhir semester.
  6. Pada akhir semester/perkuliahan dilakukan rapat koordinasi jurusan yang dihadiri semua dosen PA yang dipimpin oleh ketua jurusan, untuk memberikan masukan terhadap berbagai problema yang dihadapi oleh peserta didik (mahasiswa bimbingan) dan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk memotivasi mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa dapat selesai sesuai dengan batas studinya.

MASALAH YANG DIBICARAKAN DALAM PEMBIMBINGAN

  1. Mata Kuliah Yang Akan di programkan
  2. Judul Tugas Akhir yang akan di rencanakan
  3. Produk studio akhir yang di rencanakan

KESULITAN DALAM PEMBIMBINGAN DAN UPAYA UNTUK MENGATASINYA

  1. Mahasiswa biasanya kurang proaktif
  2. Waktu

MANFAAT YANG DIPEROLEH MAHASISWA DARI PEMBIMBINGAN

Manambah Pengetahuan dan wawasanTerjalin keakraban dan silaturahmi antara mahasiswa dan dosen

Laporan Data Pembimbingan Akademik

Nama Dosen Pembimbing Akademik Jumlah Mahasiswa Bimbingan Rata-rata Pertemuan
Prof. Dr. Ir. Tommy SS. Eisenring. M.Si 234
Syamsuddin Mustafa, ST.,MT 224
Syam Fitriani Asnur, ST.,M.Sc 214
M.Awaluddin Hamdy, ST.,M.Si 214
Syahril Idris, ST.,M.SP 204
H.Nasrullah, ST.,MT 214
Satriani Latief, ST.,M.Si 214
Lisa Amalia, ST.,MT 244
Sudarman, ST.,MT 194
Riska Amelia Rahman, ST.,MT 204
Total 212

Berdasarkan jumlah dosen PS S1 Arsitektur Unibosyaitu 10 dosen, semua dosen menjadi Pembimbing Akademik (PA). Seluruh dosen PA memberikan waktu bimbingan minimal 4 kali pertemuan per mahasiswa per semester sesuai dengan Peraturan Akademik Universitas dan SOP Prodi Arsitektur. Kegiatan pembimbingan yang dilakukan meliputi kegiatan perwalian, perencanan pengambilan mata kuliah, penggantian dan penambahan mata kuliah, pembatalan mata kuliah, dan konsultasi mengenai Tugas Akhir, Kerja Praktek dan Cuti Akademik. Selebihnya, apabila diperlukan maka mahasiswa dapat bertemu dengan dosen pembimbing akademik diluar jadwal tersebut.