Pelaksanaan Pembelajaran

Dalam usaha untuk terus meningkatkan mutu proses pembelajaran di PS, maka PS telah memiliki tim monitoring dan evaluasi (monev) dalam bentuk Tim Penjaminan Mutu Internal (TPMI) PS S1 Arsitektur Unibosyang salah satu tugasnya adalah memonitoring, mengkaji dan mengevaluasi kehadiran dosen, mahasiswa, dan materi perkuliahan setiap semester. Tim monev ini juga merupakan bagian yang terintegrasi dari sistem monev yang dibentuk dan dilakukan oleh Fakultas Teknik dan Universitas Bosowa melalui lembaga Unit Penjaminan Mutu dan Kerjasama Universitas Bosowa.
Mekanisme monitoring perkuliahan dalam hal kehadiran dosen dan mahasiswa serta materi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan lembar absensi kehadiran dosen dan mahasiswa di kelas selain itu juga terdapat badan yang memonitoring langsung kehadiran dosen yang langsung di bawah naungan Penjaminan Mutu Universitas. Pada lembar absensi kehadiran ini, terdapat juga lembar materi kuliah yang diberikan oleh dosen, yang berguna untuk memonitoring kemajuan materi ajar yang telah diberikan oleh dosen kepada mahasiswa.

Data hasil monitoring dievaluasi oleh setiap Tim monev yang ada secara berjenjang dengan menggunakan Peraturan Akademik Universitas Bosowa. Kehadiran dosen dan mahasiswa, serta kemajuan materi perkuliahan yang belum memenuhi kriteria-kriteria dalam Peraturan Akademik Universitas Bosowa, ditindaklanjuti oleh pihak Rektorat dan Fakultas melalui PS dengan memberikan peringatan secara berkala kepada dosen dan mahasiswa terkait dalam semester berjalan.
Secara lebih rinci, proses monev pembelajaran setiap semester di PS S1 Arsitektur Unibos diuraikan sebagai berikut:

MONITORING KEHADIRAN DOSEN

Setiap mata kuliah memiliki daftar hadir yang didalamnya mencakup monitoring terhadap kehadiran dosen. Kehadiran dosen saat jam kuliah dimonitoring langsug oleh tim Penjaminan Mutu Universitas.

Hasil monitoring kemudian dievaluasi secara kontinyu pada kondisi jumlah tatap muka sesuai jadwal mencapai 50%, 80% dan 100% oleh tim monev,kemudian hasil monitoring dilaporkan kepada PS. Program studi menindaklanjuti hasil evaluasi oleh tim monev dengan memberi peringatan kepada dosen yang belum memenuhi kewajibannya pada 3 minggu pertama dan  menjelang akhir semester.

MONITORING KEHADIRAN MAHASISWA

Setiap mata kuliah memiliki  daftar hadir yang didalamnya juga mencakup monitoring terhadap kehadiran mahasiswa. Data monitoring ini selanjutnya dievaluasi oleh staf monev PS dan Fakultas serta Rektorat untuk menentukan mahasiswa yang berhak mendapat nilai hasil belajar.

Dalam hal ini, mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran sekurang-kurangnya 80% dari 16 kali tatap muka, yang berhak mengikuti Ujian Akhir Semseter (UAS),sebagaimana diatur di dalam Peraturan Akademik Universitas Bosowa

MONITORING MATERI SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Monitoring kemajuan materi perkuliahan merupakan satu kesatuan dengan  monitoring  kehadiran dosen dan mahasiswa. Dosen mengisi form monitoring perkuliahan berdasarkan pokok bahasan setiap tatap muka yang telah disajikan sesuaidengan materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan dalam GBRP (Garis Besar Rancangan Pembelajaran) Mata Kuliah.Dosen hanya dapat memberikan nilai hasil belajar suatu mata kuliah apabila telah menyelenggarakan sekurang-kurangnya 80% materi dari rancangan pembelajaran berdasarkan GBRP.Tim monev memonitoring materi perkuliahan yang disajikan oleh dosen. Selanjutnya mengkaji kesesuain materi tersebut dengan GBRP. Monitorng dan evaluasi ini dilaksanakan secara terjadwal dan kontinyu kemudian hasilnya dilaporkan ke PS setiap akhir semester.

Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan

Mekanisme penyusunan materi perkuliahan bagi setiap mata kuliah di PS dilakukan dengan mengacu kepada mekanisme penyusunan kurikulum PS yang berbasis KKNI dan SNPT, dimana materi perkuliahan disusun oleh Kelompok Kompetensi Dosen (KKD) dalam satu bidang ilmu, dengan mempertimbangkan masukan dari dosen lain atau dari stakeholder dalam Rapat Paripurna Penyusunan materi Perkuliahan.

Penyusunan materi perkuliahan didasarkan pada pencapaian dan kesesuaian visi misi PS, profillulusan, dan mempertimbangkan masukan dari hasil survei pengguna lulusan.Materi Perkuliahan memuat berbagai bahan kajian atau pokok bahasan sesuai dengan hasil analisis pembentukan mata kuliah yang dilakukan pada saat penyusunan kurikulum. Pokok-pokok bahasan materi perkuliahan dan strategi pembelanjarannya disusun dalam bentuk Garis Besar Rencana Pembelajaran (GBRP) Mata Kuliah.

Dalam rangka penyesuaian atau updating materi perkuliahan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya, Tim Dosen Pengampuh Mata Kuliah melakukan evaluasi materi perkuliahan, baik dari sisi pencapaian materi, maupun updating konten materi perkuliahan. Evaluasi ini dilakukan  pada saat sebelum semester perkuliahan dilakukan, dimana kegiatan evaluasi dan penyusunan updating materi perkuliahan dilakukan melalui suatu workshop evaluasi dan penyusunan bahan ajar dalam lingkup PS.