Struktur Kurikulum

TOTAL SKS MINIMUM UNTUK KELULUSAN

144 SKS

Terdiri dari: 138 SKS Mata Kuliah Wajib

+ 6 SKS Mata Kuliah Pilihan

Daftar Mata Kuliah  

Kompetensi yang Diharapkan pada Lulusan

Pelaksanaan kurikulum pada tahun 2011 PS S1 Arsitektur Unibos menggunakan standar Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian pada tahun 2014 PS melakukan evaluasi kurikulum untuk menyesuaikan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kurikulum ini diaplikasikan pada tahun yang sama sampai dengan tahun 2019. Evaluasi kurikulum selalu disesuaikan dengan perkembangan kurikulum dari Ristek Dikti. KurikulumPS S1 Arsitektur Unibos telah berorientasi masa depan, dimana kompetensi lulusan sudah sesuai dengan visi dan misi yang telah direncanakan.

Lulusan PS S1 Arsitektur Unibos akan mempunyai kompetensi bidang kearsitekturan  sehingga mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya berdasarkan standar dan tuntutan kebutuhan dunia kerja serta mampu bersikap dan berperilaku dalam membawa diri dalam kehidupan masyarakat regional, nasional maupun intemasional. Dalam orientasi masa depan, diharapkan lulusan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni (IPTEKS) yang inovatif terkait dengan kebutuhan pembangunan dan dunia usaha baik nasional maupun internasional.

KOMPETENSI UTAMA

  1. Memiliki kemampuan untuk menformulasikan konsep-konsep desain ke dalam bentuk yang fungsional. Hal ini dapat diwujudkan dengan pemahaman yang baik terhadap teori dan metode serta kaidah perancangan dan memahami prosedur dalam mendesain.
  2. Memiliki kemampuan untuk memahami isu-isu terkait dengan dunia arsitektur ke dalam perancangan.
  3. Mampu menentukan jenis struktur dan teknologi yang relevan dengan bentuk dengan desain yang direncanakan
  4. Memiliki kemampuan yang baik dalam mempresentasikan ide/gagasan serta hasil rancangan.
  5. Memiliki etika yang baik serta tata karma di dalam berprofesi nantinya

KOMPETENSI PENDUKUNG

Memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pekerjaan proyek di lapangan dan kemampuan membuat prototype bangunan skala terbatas (Maket Model). Selain itu pada kelompok kompetensi pendukung ini akan memberikan suatu landasan keahlian untuk kepentingan profesi maupun pengembangan ilmu dan teknologi, yaitu mampu bekerja sama dalam tim, menerapkan dasardasar tecnopreneurship serta menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam bidang arsitektural.

KOMPETENSI LAIN/PILIHAN

Leadership – Kemampuan untuk terlibat dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan perencanaan infrastruktur.

Pengembangan Kurikulum

Perumusan kurikulum dilakukan dalam rapat PS dengan melibatkan stakeholder internal dan eksternal (para dosen, alumni, mahasiswa, asosiasi profesi seperti: IAI, IAP, INKINDO, PERKINDO, dll) dengan tetap memperhatikan visi misi dan umpan balik yang diterima oleh PS, baik dari pihak internal maupun eksternal, dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tenologi, serta kebutuhan pasar akan lulusan PS S1 Arsitektur Unibos, untuk kemudian diputuskan mata kuliah yang tetap ada, mata kuliah yang dihapuskan, mata kuliah yang perlu dipertimbangkan, mata kuliah yang mengalami penggabungan, serta mata kuliah yang perlu ditambahkan dalam sebuah lokakarya kurikulum yang melahirkan kurikulum baru.

Sejak berdirinya PS S1 Arsitektur Unibospada tahun 1991, hingga saat ini, dalam menyelenggarakan proses pendidikan, telah mengalami 6 (enam) kali perubahan kurikulum, yaitu kurikulum tahun 1996, kurikulum tahun 2001, kurikulum tahun 2004, kurikulum tahun 2007, kurikulum tahun 2011 dan kurikulum tahun 2014.
Untuk kurikulum tahun 2014 yang dipergunakan sampai sekarang, perubahan terdapat pada penggabungan Mata Kuliah Perencanaan dan Perancangan Tapak 1 dan Perencanaan dan Perancangan Tapak 2 menjadi Menjadi Mata Kuliah Perencanaan dan Perancangan Tapak. Kemudian Mata Kuliah Kerja Praktek Profes yang tadinya hanya satu Mata Kuliah di pecah menjadi dua Mata Kuliah dengan nama Mata Kuliah Kerja Praktek Profesi 1 dan Kerja Praktek Profesi 2 serta penambahan Mata Kuliah Permodelan dan Animasi Arsitektur sebagai salah satu Mata Kuliah Pilihan yang bisa menjadi alternative Mata Kuliah Tambahan. Perubahan kurikulum tersebut seiring dengan perkembangan teknologi, dan kebutuhan pasar kerja.
Dasar Penyusunan kurikulum di Fakultas Teknik berpedoman kepada SK Mendiknas RI No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa tanggal 20 Desember 2000. Proporsi Basis Kompetensi yang digunakan saat ini adalah kurikulum inti 113 SKS (78%) dan kurikulum institusional 32 sks (22%). Sesuai dengan pedoman yang tertuang dalam Kepemen No : 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta STATUTA Universitas Bosowa.