slider image slider image slider image slider image slider image

Seleksi Rekruitment Seleksi Calon Mahasiswa Baru


BAGAIMANA FAKULTAS TEKNIK MENYARING CALON MAHASISWA?

Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru dan Efektivitasnya Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender). Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.

SISTEM REKRUTMEN DAN SELEKSI CALON MAHASISWA


Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilakukan secara terpadu dengan rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Bosowa. Penerimaan mahasiwa baru di Universitas Bosowa dilakukan melalui tiga jalur, yaitu (a) jalur bebas ujian masuk, (b) jalur ujian masuk, (c) jalur konversi. Calon mahasiswa yang dapat diterima melalui jalur bebas ujian masuk adalah siswa tamatan SMA/SMK sederajat yang berprestasi peringkat 1 sampai 10. Calon mahasiswa yang dapat diterima melalui jalur ujian masuk adalah calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk Universitas Bosowa dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bosowa. Calon mahasiswa yang diterima melui jalur konversi adalah calon mahasiswa pindahan atau lanjutan dari perguruan tinggi lain, baik PTN maupun PTS, yang relevan dengan program studi di lingkungan Universitas Bosowa.

KEBIJAKAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA


Penerimaan calon mahasiswa di Universitas Bosowa dilakukan berdasarkan kebijakan yang diatur dalam Peraturan Akademik Universitas Bosowa. Calon mahasiswa yang diterima adalah calon mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan menteri dan rektor tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, status sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. Warga negara asing dapat menjadi mahasiswa Universitas Bosowa setelah memperoleh persetujuan menteri. Waktu penerimaan mahasiswa baru dapat dilakukan pada setiap semester. Calon mahasiswa dapat memilih dua fakultas/program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu kelompok ujian IPA, kelompok ujian IPS-Bahasa, dan kelompok ujian IPC. Calon mahasiswa kelompok ujian IPA saja dapat memilih dua program studi pada kelompok fakultas eksakta. Calon mahasiswa kelompok ujian IPS-Bahasa saja dapat memilih dua program studi pada kelompok fakultas non-eksakta. Calon mahasiswa kelompok ujian IPC dapat memilih program studi pada kelompok IPA sebagai pilihan pertama dan program studi pada kelompok IPS sebagai pilihan kedua. Mekanisme penerimaan mahasiswa baru diatur dengan keputusan rektor.

PERSYARATAN AKADEMIK


Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa pada Fakultas Teknik, pelamar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Memiliki ijazah SMU dan sederajat maksimal 2 tahun.
  • Lulus ujian seleksi.
  • Memenuhi syarat administrasi.
  • Menandatangani Surat Keterangan tidak akan mengikuti kegiatan-kegiatan pra kuliah semester di luar kegiatan universitas.

Upaya Peningkatan Mutu


Upaya peningkatan mutu senantiasa dilakukan oleh Fakultas Teknik dengan mengupdate kurikulun sesuai dengan kepentingan pasar kerja, meningkatkan kualitas proses evaluasi dan monitoring baik untuk mahasiswa maupun dosen, memaksimalkan implementasi kurikulum berbasis kompetensi, peningkatan sarana dan prasarana dan memaksimalkan penggunaannya, khususnya sarana sistem informasi. Guna mendukung peningkatan mutu mahasiswa maka dilakukan pembimbingan karir bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat sks atau yang sedang telah melakukan penelitian, hal ini bertujuan untuk mematangkan para calon lulusan untuk dapat mengenali lapangan kerja sesuai dengan bidang ilmu yang mereka peroleh. Selain itu, mahasiswa dimagangkan di beberapa instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta perusahaan.

PERSYARATAN ADMINISTRASI


Mengisi formulir pendaftaran dengan lampiran-lampiran sebagai berikut:
  • Foto copi ijazah yang telah disahkan
  • Biodata/identitas diri
  • Telah memenuhi syarat bukti pembayaran pendaftaran.
  • Pas foto warna (latar warna merah) satu tahun terakhir ukuran 3×4 cm (3 lembar).

PROSEDUR


  • Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran ke Bank yang ditunjuk, dan bukti pembayaran diserahkan ke panitia untuk mengambil formulir pendaftaran.
  • Panitia menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pendaftaran calon mahasiswa, dan memberikan nomor test serta membuat daftar calon mahasiswa.
  • Panitia menyelenggarakan ujian seleksi calon mahasiswa.
  • Panitia membuat daftar hasil ujian seleksi kemudian hasilnya disampaikan kepada Rektor.
  • Rektor menerbitkan surat keputusan mahasiswa baru dan selanjutnya diserahkan ke Dekan Fakultas.