slider image slider image slider image slider image slider image

Perencanaan Kurikulum

Lorem ipsume lorem ipsume scientific training in chemistry, biology and the many processes such as human activity that affect natural places.


Peranan Fakultas

Peran Fakultas Dalam Fasilitator

Fakultas Teknik berperan dalam menyediakan fasilitas bagi Program Studi untuk melakukan pengembangan kurikulum melalui penyediaan sarana dan prasarana serta alokasi dana untuk penyelenggaraan kegiatan penyusunan dan pengembangan kurikukum. Kurikulum yang dirancang semua Program Studi di Fakutas Teknik mengacu kepada:

  1. SK Mendiknas R.I No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tanggal 20 Desember 2000.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Keputusan Mendiknas No.045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi
  4. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  5. Statuta Universitas 45 Makassar Tahun 2014
  6. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2009, diterbitkan Oleh Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kurikulum di Fakultas Teknik disusun berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang tersedia dari kurikulum inti dan kurikulum kompetensi . Penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) tersebut menggunakan pendekatan Student Center Learning (SCL) dan Metode Problem Based Learning (PBL).

Peran Fakultas Dalam Organisasi

Mekanisme dalam pengorganisasian kurikulum melalui tahapan sebagai berikut :

  1. Melakukan sosialisasi peninjauan kurikulum Program Studi bekerjasama dengan Badan Penjaminan Mutu Universitas.
  2. Program Studi melaksanakan lokakarya kurikulum dengan melibatkan  stakeholder (pengguna lulusan), industri, dan dunia kerja.
  3. Program Studi melakukan penyusunan kurikulum.
  4. Kurikulum yang sudah dievaluasi dan dikembangkan disahkan melalui SK Rektor.

Bantuan Dana

Dukungan dana untuk proses pengembangan kurikulum pada dasarnya telah dilakukan di Fakultas Teknik , yaitu pendanaan pada kegiatan lokakarya kurikulum yang dilakukan oleh prodi yang ada di Fakultas Teknik.

UBC Okanagan