MENANGKAP MATA DALAM PAMERAN SENI RUPA BESTEK UNIBOS

MENANGKAP MATA DALAM PAMERAN SENI RUPA BESTEK UNIBOS

Masih dalam rangkaian acara milad dua dekade, Bengkel Seni Teknik (Bestek) Universitas Bosowa menggelar pameran seni rupa di Lobby Kampus I Unibos, Selasa (29/11).

Kegiatan yang menampilkan berbagai hasil karya seni rupa anggota Bestek Unibos ini merupakan rangkaian acara ke-4 yang dilaksanakan sebelum peringatan milad Bestek Unibos pada 20 Desember mendatang.

Berawal dari seni rupa yang saat ini kurang dilirik oleh maysrakat, hingga memperkenalkan hasil karya lukis dan kerajinan tangan mahasiswa Bestek Unibos menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung “Menangkap Mata”, dengan maksud untuk lebih menarik perhatian publik agar kembali memandang seni lebih dari hanya sekedar seni.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ketua Umum Bestek Unibos, Riska Pratiwi Sahrum. Menurutnya, pameran ini ditujukan untuk kembali mengangkat nilai seni dari setiap hasil karya yang dimiliki oleh mahasiswa. “Sekarang ini lukisan dan beberapa hasil karya tangan yang masih original itu kurang dilirik para masyarakat. Sementara dibalik sebuah karya yang indah ada seniman yang hebat. Seni bukan hanya semata untuk dipandang, tetapi seni yang ditampilkan saat ini adalah ungkapan apresiasi, ungkapan pemikiran dan perasaan seseorang”, tutur Ketua Bestek Unibos.

Beberapa karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini selain lampu tidur hias yang terbuat dari limbah pipa juga terdapat beberapa miniatur rumah. Berbagai macam lukisan dengan beragam tema juga diperlihatkan dalam pameran ini. Termasuk lukisan bertema koruptor, pembakaran hutan, aborsi, pecandu teknologi, mutilasi dan beberapa tema lainnya. Tema ini diangkat memang menjadi fokus lukisan yang ditampilkan yang merujuk pada kritik terhadap situasi sosial saat ini.

Pameran yang tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa tetapi juga dibuka secara umum ini akan berlangsung selama dua hari hingga 30 November 2016. Riska Pratiwi Sahrum juga menambahkan jika kegiatan ini merupakan bentuk dengan harapan dapat mengajak para pecinta seni agar memandang seni dari perpektif yang lebih luas.

1 Comment

  • Anonymous Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *